![]() |
Mewujudkan Kualitas Udara Bersih |
Rabu, 15 Nopember 2023 baru saja berlalu, kami mengikuti diskusi publik bersama
YLKI dan KBR untuk membahas Sinergitas Sektor Tranportasi dan Sektor Energi
untuk mewujudkan Kualitas Udara Bersih. Kita juga telah menyaksikan banyaknya
pengaruh dari kendaraan bermotor yang dapat menimbulkan signifikan pada
kualitas udara yang berpengaruh pada kesehatan masyarakat.
Bapak Tiyana Brotoadi selaku ketua Sub kelompok Pengendalian Pencemaran
Lingkungan DLH DKI Jakarta, mengungkapkan data perolehan Uji Emisi setiap bulan
dan Uji Emisi setiap tahun dari 16.519.197 juta sepeda motor tersebat di
Indonesia, yang baru melakukan Uji Emisi sebanyak 131.729 kalau dipresentasikan
yang sudah melakukan Uji Emisi hanya 0,79%. Sedangkan untuk kendaraan mobil
pribadi dari 4.111.231 juta, yang baru melakukan uji emisi sebanyak 1.225.247
kalau dipresentasikan yang sudah melakukan Uji Emisi hanya 29,8%.
![]() |
Uji Emisi untuk Motor dan Mobil PribadI |
Kendaraan yang sudah uji emisi membayar parkir dengan harga standar,
sedangkan yang belum melakukan uji emisi atau yang tidak lulus akan membayar
parkir lebih mahal. Inilah mekanisme penerapan tarif parkir pada lokasi parkir
di luar ruang milik jalan (Parkir Off Street)
è Pada Lokasi Pelataran Parkir Monas, parkir Blok M,
parkir samsat daan mogot, parkir taman ismail marzuki, parkir pasar mayestik
è Pada Lokasi Gedung Parkir istana pasar baru, gedung
parkir taman menteng
Bapak Ferdinand Ginting selaku Kabid Angkutan jalan Dinas Perhubungan DKI
Jakarta bercerita tentang penanganan transportasi di Jakarta. Salah satunya
adalah Jak Lingko yang merupakan sistem terpadu yang mendukung kebijakan
peningkatan penggunaan angkutan umum massal dan pembatasan kendaraan bermotor
perseorangan.
Tujuan dan manfaat integrasi Jak Lingko adalah peningkatan penggunaan
angkutan massal, pengurangan kendaraan pribadi sehingga dapat mengurai
kemacetan, penghematan biaya perjalanan agar kesejahteraan masyarakat
meningkat, berkurangnya emisi gas buang kendaraan bermotor pribadi untuk
peningkatan kualitas uadara.
Ada 2 macam strategi yang dilakukan dalam mengembangkan transportasi publik
1. Pull Strategy meliputi integrasi transportasi publik, peningkatan layanan dan rute, penyelenggaraan jalur khusus transportasi publik, integrasi transportasi public dengan fasilitas untuk pejalan kaki dan pesepeda serta pengembangan kawasan TOD (Transit Oriented Development)
2. Push Strategy meliputi penataan parkir, penetapan tarif parkir tinggi bagi kendaraan yang belum lulus uji emisi, penertiban parkir liar dan pemanfaatan gedung parkir existing, standard emisi kendaraan dan low emission zone serta pajak kepemilikan kendaraan bermotor.
![]() |
Integrasi Sistem |
Apa saja penyebab Kualitas Udara Terganggu ?
Untuk mengatasi dampak polusi udara diperlukan upaya
penanggulangan yang terintegrasi dan komprehensif. Dengan kesadaran dan
kepedulian lingkungan pasti udara bersih bisa diwujudkan agar hidup sehat lebih
berkualitas.
Salam Blogger
Inggit Puji Sulastri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar