Sabtu, 04 November 2023

Peran Media Menyuarakan Isu Kusta

 

Peran Media dalam Menyuarakan Isu Kusta

Peran Media dalam Menyuarakan Isu Kusta


Peran media dalam menyuarakan isu kusta melibatkan beberapa aspek penting, oleh karena itu perlu penyebaran informasi yang benar dan komprehensif tentang kusta kepada masyarakat melalui media, termasuk media sosial, media online dan media elektronik. Di Indonesia, jumlah kasus kusta stagnan selama 10 tahun terahkir ini, sekitar 16.000-18000, yang menjadikan Indonesia sebagai negara tertinggi ketiga dalam kasus kusta.

 

Dalam hal ini kita akan bahas di Ruang Publik KBR dengan narasumber Ajiwan Arief Hendradi S.S selaku Redaktur Solidernews.com dan mengajak teman-teman disabilitas serta OYPMK (Orang Yang Pernah Mengalami Kusta) untuk turut menyimak dan memberikan komentar dalam live streaming pagi hari ini yang dipandu oleh Host Rizal Wijaya

 

Adapun 6 hal penting peran media dalam menyuarakan isu kusta

1.       Meningkatkan Kesadaran Masyarakat, diharapkan media dapat menyebarkan informasi tentang penyebab, gejala, pencegahan, serta pengobatan kusta kepada masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit ini.

2.     Menghilangkan Stigma dan Diskriminasi, dalam hal ini media dapat membantu utnutuk mengubah persepsi stigma negatif pada masyarakat.

3.     Mendorong Aksi dan Dukungan, peran media dapat menggerakkan masyarakat untuk tidak hanya memberikan dukungan finansial saja, akan tetapi juga medis hingga sosial kepada penderita kusta serta keluarganya.

4.    Pembentukan Opini Publik, sebagai media melalui liputannya dapat membantu untuk membentuk opini publik tentang isu kusta, dan mendorong dialog serta pemahaman yang lebih baik di masyarakat.

5.     Advokasi dan Perubahan Kebijakan, media dapat menjadi suara bagi para penderita kusta dan memperjuangkan hak-hak mereka, hingga mendorong perubahan kebijakan pemerintah untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan dan pendidikan bagi mereka.

6.     Pengawasan dan Pengungkapan Ketidakadilan, peran media disini sangat penting dalam mengawasi tindakan yang tidak adil terhadap penderita kusta, serta mengungkapkan ketidakadilan sosial yang mereka alami tersebut.

 

Ajiwan Arief Hendradi S.S

Pemaparan Ajiwan Arief Hendradi S.S

 

Sebagai Direktur solidernews.com, Ajiwan Arief Hendradi S.S menyatakan bahwa, media saat ini memiliki peranan yang sangat efektif untuk menyuarakan isu seputar kusta dan disabilitas di Indonesia. Apalagi peranan media sebagai corong untuk sosialisasi terkait isu kusta. Itu artinya apapun yang ditulis akan memberi  tambahan wawasan agar lebih memahami tentang kusta, sehingga mengjadi lebih aware dan paham apa yang harus dilakukan ketika ada masyarakat yang terkena kusta.

 

Di pelosok daerah, tidak semua mengetahui apa itu kusta, OYPMK (orang yang pernah mengalami kusta) dan disabilitas. Hal ini merupakan tantangan tersendiri untuk mengatasi dampak kusta lengkap dengan cara pengobatannya. Dari informasi yang disajikan melalui media, diharapkan masyarakat di seluruh Indonesia bisa memahami dengan jelas, apa itu kusta?, sehingga tidak ada lagi yang namanya stigma negatif di masyarakat.

 

Mengenal Solidernews.com dalam menyuarakan isu kusta

 

Saat ini masih jarang media mengangkat isu soal kusta maupun disabilitas. Namun, sejumlah aktivitas difabel yang tergabing di lembaga Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB) Indonesia membentuk media alternatif, media komunitas yang bisa mewadahi aspirasi, potensi dan mensosialisasikan isu difabel kepada masyrakat luas.

 

Tahun 2012 SIGAB memutuskan untuk membuat media online solidernews.com lewat portal berita yang selalu berupaya untuk menjadi media yang konsisten menyuarakan isi difabel.

 

Ajiwan Arief Hendradi S.S. berharap agar isu kusta nantinya bisa semakin mudah dijangkau serta diketahui secara lebih luas oleh masyarakat Indonesia. Bagi para Blogger atau bagi kalian yang hobinya suka menulis, bisa bergabung di solidenews.com dengan cara : pilih rublik difabelitik, kemudian figure dan artikel.

 

Mari kita ber-kontribusi dengan menjadi bagian dari solidernews.com dalam penyebaran informasi yang valid tentang isu kusta dan disabilitas, dimana saat ini stigma kusta masih melekat dimasyarakat. Apalagi isu kusta dan difabel masih belum mendapatkan ruang dalam proses sirkulasi informasi.

 

Jika kalian berkontribusi, itu artinya kalian telah menyelamatkan kehidupan OYPMK dan difabel. Dengan begitu, kalian mempunyai kesempatan untuk menebar kebaikan lewat media online solidernews.com, dan anggapan kusta sebagai penyakit kutukan akan terkikis dari stigma masyarakat yang selama ini menjadi penghalang bagi penderita kusta, disabilitas dan OYPMK (Orang Yang Pernah Mengalami Kusta)

 

Salam Blogger

Inggit Nur Angel

Wa No. 081113803805

Email : inggitpujisulastri@gmail.com

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar