Senin, 20 November 2023

Sinergitas Sektor Transportasi dan Sektor Energi Mewujudkan Kualitas Udara Bersih

 

Mewujudkan Kualitas Udara Bersih
Mewujudkan Kualitas Udara Bersih

Rabu, 15 Nopember 2023 baru saja berlalu, kami mengikuti diskusi publik bersama YLKI dan KBR untuk membahas Sinergitas Sektor Tranportasi dan Sektor Energi untuk mewujudkan Kualitas Udara Bersih. Kita juga telah menyaksikan banyaknya pengaruh dari kendaraan bermotor yang dapat menimbulkan signifikan pada kualitas udara yang berpengaruh pada kesehatan masyarakat.

 

Bapak Tiyana Brotoadi selaku ketua Sub kelompok Pengendalian Pencemaran Lingkungan DLH DKI Jakarta, mengungkapkan data perolehan Uji Emisi setiap bulan dan Uji Emisi setiap tahun dari 16.519.197 juta sepeda motor tersebat di Indonesia, yang baru melakukan Uji Emisi sebanyak 131.729 kalau dipresentasikan yang sudah melakukan Uji Emisi hanya 0,79%. Sedangkan untuk kendaraan mobil pribadi dari 4.111.231 juta, yang baru melakukan uji emisi sebanyak 1.225.247 kalau dipresentasikan yang sudah melakukan Uji Emisi hanya 29,8%.

 

Uji Emisi untuk Motor dan Mobil PribadI
Uji Emisi untuk Motor dan Mobil PribadI

Kendaraan yang sudah uji emisi membayar parkir dengan harga standar, sedangkan yang belum melakukan uji emisi atau yang tidak lulus akan membayar parkir lebih mahal. Inilah mekanisme penerapan tarif parkir pada lokasi parkir di luar ruang milik jalan (Parkir Off Street)

è Pada Lokasi Pelataran Parkir Monas, parkir Blok M, parkir samsat daan mogot, parkir taman ismail marzuki, parkir pasar mayestik

è Pada Lokasi Gedung Parkir istana pasar baru, gedung parkir taman menteng

 

Bapak Ferdinand Ginting selaku Kabid Angkutan jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta bercerita tentang penanganan transportasi di Jakarta. Salah satunya adalah Jak Lingko yang merupakan sistem terpadu yang mendukung kebijakan peningkatan penggunaan angkutan umum massal dan pembatasan kendaraan bermotor perseorangan.

 

Tujuan dan manfaat integrasi Jak Lingko adalah peningkatan penggunaan angkutan massal, pengurangan kendaraan pribadi sehingga dapat mengurai kemacetan, penghematan biaya perjalanan agar kesejahteraan masyarakat meningkat, berkurangnya emisi gas buang kendaraan bermotor pribadi untuk peningkatan kualitas uadara.

Ada 2 macam strategi yang dilakukan dalam mengembangkan transportasi publik

1. Pull Strategy meliputi integrasi transportasi publik, peningkatan layanan dan rute, penyelenggaraan jalur khusus transportasi publik, integrasi transportasi public dengan fasilitas untuk pejalan kaki dan pesepeda serta pengembangan kawasan TOD (Transit Oriented Development)

2. Push Strategy meliputi penataan parkir, penetapan tarif parkir tinggi bagi kendaraan yang belum lulus uji emisi, penertiban parkir liar dan pemanfaatan gedung parkir existing, standard emisi kendaraan dan low emission zone serta pajak kepemilikan kendaraan bermotor.

 

Integrasi Sistem
Integrasi Sistem

Apa saja penyebab Kualitas Udara Terganggu ?

1. Emisi Kendaraan Bermotor mengandung polutan seperti Nitrogen Dioksida (NO2)
2. Industri Manufactur mengandung zat-zat berbahaya seperti sulful dioksida (SO2), Karbon Monoksida (CO).
3. Pembakaran batu bara, minyak dan gas menyebabkan emisi karbon dioksida (CO2)
4. Penggunaan pupuk dan pestisida pada pertanian dapat menghasilkan ammonia dan senyawa kimia yang dapat mempengaruhi kualitas udara.
5. Pembakaran sampah secara terbika dapat menghasilkan asap dan zat kimia beracun yg dapat mempengaruhi udara.
6. Kebakaran hutan dan lahan menghasilkan asap dan karbon dioksida yang dapat merusak kualitas udara regional.
7. Penggunaan bahan kimia berbahaya dalam industry dan rumah tangga dapat menghasilkan emisi gas yang dapat merugikan kualitas udara.
8. Cuaca dan factor Alamiah seperti angina lemah atau inversi dapat memperburuk polusi udara

 

Untuk mengatasi dampak polusi udara diperlukan upaya penanggulangan yang terintegrasi dan komprehensif. Dengan kesadaran dan kepedulian lingkungan pasti udara bersih bisa diwujudkan agar hidup sehat lebih berkualitas.

 

 

Salam Blogger

Inggit Puji Sulastri

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar